Profile

Info berita

LETAK

Kabupaten Sanggau merupakan salah satu kabupaten dari 14 kabupaten/kota di Propinsi Kalimantan Barat dengan luas wilayah 12.857,70 km².

Secara geografis Kabupaten Sanggau terletak antara 1 derajat 0 menit Lintang Utara dan 0 derajat 06 menit Lintang Selatan, dan antara 109 derajat 08 menit dan 111 derajat 03 menit Bujur Timur yang berbatasan :

  • Sebelah Utara dengan Negara tetangga/Serawak Malaysia
  • Sebelah Selatan dengan Kabupaten Ketapang
  • Sebelah Timur dengan Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Sintang
  • Sebelah Barat dengan Kabupaten Landak dan Kabupaten Kubu Raya

LUAS WILAYAH

Kabupaten Sanggau merupakan wilayah kabupaten terluas ke-4 dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Barat (8,67% dari wilayah Kalbar), dan wilayah kecamatan terluas di Kabupaten Sanggau adalah :

  • Kecamatan Jangkang dengan Luas Wilayah 1.589,20 km²
  • Kecamatan Meliau dengan Luas Wilayah 1.495,70 km²

Sedangkan kecamatan terkecil adalah Kecamatan Balai dengan luas 395,60 km² dan Kecamatan Beduai dengan luas 435,00 km².

IKLIM

Secara umum Kabupaten Sanggau beriklim tropis dengan rata-rata hari hujan tertinggi terjadi pada bulan Desember, yaitu 104 hari. Sedangkan hari hujan terendah selama 27 hari terjadi pada bulan September. Angka curah hujan tertinggi juga terjadi pada bulan Desember sebesar 2.008,38 mm dan curah hujan terendah sebesar 181,6 mm terjadi pada bulan September.

 

TOPOGRAFI

Secara topografi Kabupaten Sanggau terdiri dari dataran tinggi yang berbukit-bukit dan berawa-rawa dilintasi oleh Sungai Kapuas yang merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Kalimantan Barat dengan anak-anak sungainya antara lain : Sungai Dawak, Sungai Cempedik, Sungai Semadak, Sungai Tayan, Sungai Liku, Sungai Sekayam, Sungai Ranas, Sungai Entakai, Sungai Biang dan Sungai Engkode.

JENIS TANAH

Menurut jenisnya tanah yang terdapat di Kabupaten Sanggau sebagian besar adalah jenis tanah padsolik merah kuning batuan dan padat yang hampir merata di seluruh kecamatan (44,80%) sedangkan jenis latosol merupakan jenis terkecil (1,06%) yang terdapat hanya di Kecamatan Toba dan Kecamatan Meliau.

GEOLOGI

Formasi geologi yang terdapat di Kabupaten Sanggau adalah formasi kwarter, kapur, trias, plistosen, intruksif dan plutomik basa menengah, intruksif plutomik asam, sekis hablur, lapisan batu dan permo karbon.

Pada umumnya lapisan plistosen hampir terdapat di semua kecamatan, kecuali di Kecamatan Toba dan Beduai. Lapisan tanah efusif basa hanya terdapat di Kecamatan Tayan Hulu.

PEMERINTAHAN

Sampai dengan Tahun 2015 jenjang pemerintahan yang ada di Kabupaten Sanggau terdiri dari :

  • 15 Kecamatan
  • 163 Desa, 6 Kelurahan
  • 833 Dusun

Kecamatan dan desa yang berbatasan langsung dengan Negara Tetangga Malaysia adalah :

  1. Kecamatan Entikong (Desa Entikong, Desa Pala Pasang, Desa Suruh Tembawang dan Desa Semanget).
  2. Kecamatan Sekayam (Desa Bungkang, Desa Lubuk Sabuk dan Desa Sungai Tekam).

PENDUDUK

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sanggau, penduduk Sanggau pada akhir Tahun 2015 berjumlah 511.694 jiwa terdiri dari 264.645 jiwa penduduk laki-laki dan 247.049 jiwa penduduk perempuan dengan rasio jenis kelamin 107 yang berarti setiap 107 jiwa laki-laki ada 100 jiwa perempuan. Jika dibandingkan dengan luas wilayah Kabupaten Sanggau yang sebesar 12.857,70 km² maka penduduk Kabupaten Sanggau tergolong masih jarang karena kepadatan penduduk rata-rata hanya 40 orang/km².

 

Gambar : Piramida Penduduk Kabupaten Sanggau Menurut Kelompok Umur Tahun 2015

 

 

Jumlah Kepala Rumah Tangga/Kepala Keluarga sebanyak 149.302 kepala keluarga dengan rata-rata jiwa/KK sebanyak 3 jiwa dan ini pertanda bahwa Program KB  dalam rangka Penyadaran Masyarakat akan Norma Keluarga Kecil (NKK) cukup berhasil.

PENDIDIKAN

            Berdasarkan data yag diperoleh dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sanggau diketahui bahwa penduduk usia 10 tahun ke atas yang melek huruf sebesar 88,50%, terdiri dari tamat SD/MI sebanyak 8.039, tamat SMP/MTs sebanyak 5.439 SMA/MA sebanyak 2.127 dan sekolah kejuruan 1.104 sedangkan data pendidikan tertinggi yang ditamatkan tidak dapat digambarkan karena tidak tersedianya data

SOSIAL EKONOMI

Dalam melihat tingkat kesejahteraan/kemakmuran suatu daerah sering diukur dengan Product Domestic Regional Bruto (PDRB) perkapita dan Pertumbuhan Ekonomi.

Berdasarkan Sanggau Dalam Angka Tahun 2014 bahwa Pendapatan Domestik Bruto (PDRB) per kapita Kabupaten Sanggau atas dasar harga berlaku Tahun 2014 sebesar Rp.16.235.166- dan laju pertumbuhan ekonomi adalah sebesar 6,04%.

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sanggau tahun 2013 tersebut didukung oleh 9 sektor lapangan usaha dihitung atas dasar harga berlaku yaitu :

  • Pertanian                                                        : 34,22 %

  • Industri Pengolahan                                          : 24,60 %

  • Perdagangan, Hotel dan Restoran                      : 19,13 %

  • Jasa-jasa                                                       :   9,33 %

  • Bangunan                                                       :   4,93 %

  • Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan       :   2,64 %

  • Pengangkutan dan Komunikasi                          :   2,36 %

  • Pertambangan dan Penggalian                           :   1,31 %

  • Listrik, Gas dan Air Minum                                :   0,33 %

Pada tingkat masyarakat ukuran yang paling mendekati kenyataan tidak menggunakan Nilai PDRB per kapita karena pada PDRB termasuk penerimaan pada Perusahaan dan Pemerintah. Yang paling nyata di masyarakat adalah pengeluaran riil per kapita yang sudah disesuaikan. Berdasarkan Sanggau Dalam Angka Tahun 2015, bahwa pengeluaran riil per kapita Tahun 2015 sebesar Rp.620.760,- per bulan atau hanya sebesar Rp.20.692,- per hari. Membaca angka ini tidak heran kalau masih ditemukannya kasus gizi kurang dan gizi buruk.

Lorem ipsum dolor sitar amet, utas duon et lorem accusam, justo vette aeterno scripset teos ut, latine prodesset einet has. Dicta audiam etre eam, ei vis diam dictas.

Lorem ipsum dolor sitar amet, utas duon et lorem accusam, justo vette aeterno scripset teos ut, latine.

Lorem ipsum dolor sitar amet, utas duon et lorem accusam, justo vette aeterno scripset teos ut, latine prodesset einet has. Dicta audiam etre eam, ei vis diam dictas.

Hubungi Kami
(0564) 22993

 

Pemerintah Kabupaten Sanggau
DINAS KESEHATAN
Jl.Nenas No.24 Sanggau

Telp. (0564) 22993 Fax. 21054
SANGGAU 78515

Quotes of the Month

"Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak"
 

-Mahatma Gandhi-

Website Dinkes se-Kalbar