Manfaat Pijat Bayi

1Jan 2013

Manfaat Pijat Bayi

by agung - Berita

Jakarta, Pemberian pijat pada bayi oleh orang tua mungkin masih jarang dilakukan, apalagi jika orang tua tersebut bekerja dan sibuk. Padahal memberi pijatan pada bayi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan bayi.

"Pijat bayi merupakan salah satu keajaiban sentuhan, sebab memberikan banyak manfaat bagi bayi. Salah satunya adalah membuat bayi merasa nyaman karena efek 'skin-to-skin' antara bayi dengan ayah atau ibunya," papar dr. M. Tatang Puspanjono, SpA, dokter spesialis anak RS Siloam.

Hal tersebut disampaikan dr Tatang dalam acara talkshow Philips Avent: Mom's Journey, yang diselenggarakan di F Cone FX, Jl Jend Sudirman, Jakarta, dan ditulis pada Senin (16/9/2013).

Selain itu, menurut dr Tatang pemberian pijat bayi juga akan membuat bayi lebih rileks. Lakukan pijat bayi lebih kurang selama 15 menit sebelum ia tidur, bisa dipastikan bayi akan tidur lebih lelap dan lebih lama. Jika bayi bisa tidur lelap, maka perkembangan dan pertumbuhannya juga akan semakin baik.

"Tak hanya itu, pijat bayi juga bisa mencegah bayi mengalami kembung. Ini sebagai salah satu efek dari rileks yang ia rasakan," ucap dr Tatang.

Bonding atau ikatan antara ayah atau ibu dengan bayi juga akan tercipta secara alami. Apalagi jika pijat bayi ini dilakukan secara rutin, baik sesaat sebelum bayi tidur maupun setelah bayi dimandikan.

"Satu pesan saya, setiap melakukan kegiatan bersama bayi, baik sedang pijat bayi maupun menyusui, selalu tatap matanya. Jangan sambil main ponsel. Tatapan langsung antara ibu dan bayi juga akan semakin meningkatkan bonding tersebut," terang dr Tatang.

Lakukan pijat bayi secara bertahap yaitu awalnya dengan memijat bagian kepala bayi, kemudian pijat bagian punggung, dan terakhir bagian tangan serta kaki bayi. Jika memungkinkan, gunakan minyak telon agar bayi merasa lebih hangat dan nyaman.

Are you human? 2 + 3 =

Lorem ipsum dolor sitar amet, utas duon et lorem accusam, justo vette aeterno scripset teos ut, latine prodesset einet has. Dicta audiam etre eam, ei vis diam dictas.

Lorem ipsum dolor sitar amet, utas duon et lorem accusam, justo vette aeterno scripset teos ut, latine.

Lorem ipsum dolor sitar amet, utas duon et lorem accusam, justo vette aeterno scripset teos ut, latine prodesset einet has. Dicta audiam etre eam, ei vis diam dictas.

Hubungi Kami
(0564) 22993

 

Pemerintah Kabupaten Sanggau
DINAS KESEHATAN
Jl.Nenas No.24 Sanggau

Telp. (0564) 22993 Fax. 21054
SANGGAU 78515

Quotes of the Month

"Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak"
 

-Mahatma Gandhi-

Website Dinkes se-Kalbar